Friday, August 20

Its just dream, but someday I hope it became true :)

beberapa hari ini, saya membaca buku Situs-Situs dalam Alquran dari Banjir Nuh Hingga Bukit Thursina karangan Syahruddin El – Fikri. memang saya sedang tertarik dengan sejarah ISLAM. saya bukan orang yang suci, tapi memang saya sedang tertarik mempelajari sejarah islam, gak salah kan ?
Apa yang menarik dari mempelajari sejarah ?
menurut saya dengan membaca buku-buku sejarah, kita sedang travelling ke tempat kejadian yang sedang kita baca. saya suka travelling, tapi kondisi ekonomi membatasi kesukaan saya tersebut. jadi, ya mau bagaimana lagi, dengan Mind Travelling mungkin memang gak cukup, tapi seengaknya saya bisa membayangkan berada di suatu tempat yang saya baca tersebut.
kalo di tanya negara mana yang saya ingin kunjungi, mungkin 2 tahun yang lalu dengan sekarang jawaban saya sangat berbeda. dulu ketika saya di tanya negara mana yang ingin di kunjungi bila di kasih kesempatan, saya akan menjawab JEPANG, mengapa ? karena saya terinspirasi dengan budaya-budaya di sana. entah kenapa di bayangan saya seperti yang saya baca di buku dan saya tonton di film, Jepang adalah negara yang sangat disiplin dan sangat tertib. saya membayangkan bisa tinggal di sana. tapi saya tetap bersyukur dengan negara yang tanahnya saya injak sejak kecil ini. negara yang membesarkan saya dan membuat saya tau mana yang baik dan mana yang buruk. hahaha, mulai ngelantur. tapi memang saya masih cinta Indonesia. dan di sinilah saya tetap tinggal sampai sekarang.
sekarang jika saya di tanya negara mana yang saya ingin kunjungi, saya akan menjawab negara-negara Timur Tengah. Mesir, Arab saudi, Yordania, Palestina, Yaman, Oman, Turki dll... ( bener gak sih itu semua Timur Tengah :) hahaha )
1. Mesir
entah kenapa banyak sekali tempat-tempat bersejarah di Mesir. Piramida, Sphinx, museum tahrir, Luxor (Uksur), Memphis, Istana Karnak ( instana Firaun ). yang saya sebutkan adalah hanya sebagian tempat saja. itupun saya tahu juga dari buku, bukan menginjakkan kaki langsung ( entah kapan saya bisa menginjakkan kaki langsung ). sebuah negara yang benar-benar penuh misteri. di Alquran sering sekali nama Mesir di sebut ( kalo gak salah baca tafsiran.. hehe ). Pernah denger tentang Nabi Musa AS. membelah laut ? ya, itu pula menjadi sejarah mesir. Wa Allahu A’lam. pernah denger Luxor ? Luxor (Uksur) adalah nama sebuah kota di mana Nabi Musa AS di lahirkan. Pernah denger tentang museum Tahrir ? di museum ini masih ada jasad utuh Firaun yang tenggelam di laut Merah ketika mengejar Nabi Musa AS dan kaum bani israil dan jasadnya di selamatkan oleh Allah SWT, supaya umat-umat jaman sekarang menjadikan pelajaran tentang apa jadinya kalo menentang perintah Allah. ( demi Allah, serem dengernya ).

Firaun adalah sebutan raja Mesir dahulu ketika memerintah dengan sangat kejam, sedangkan Ramses adalah sebutan raja Mesir dahulu ketika memerintah dengan sangat bijaksana ( kalo gak salah baca ).”

dan itulah alasan mengapa saya ingin mengunjungi Mesir. Its just my dream, but someday I hope it became true, ( I hope ).

2. Arab Saudi ( Tepatnya Ka’bah)
untuk alasan apalagi ke negara ini selain beribadah Haji atau Umroh ? main-main ? saya rasa nggak. rugi kalo ke negara ini cuma main-main.
Disebutkan dalam Kitab Ara’is al-Majlis karya Al-Tsa’aibi,

Allah mewahyukan kepada Adam: “Aku memiliki tanah haram (terhormat) dalam posisi sejajar dengan Singgasana-Ku (Arasy). Karena itu, datanglah ke sana dan berkelilinglah (Thawaf) sebagaimana dikelilinginya Singgasana-Ku. Shalatlah di sana sebagaimana shalat di sisi Singgasana-Ku. Di sanalah Aku memperkenankan doamu.”

saya rasa dengan alasan ini mengapa banyak sekali orang-orang bolak-balik pergi haji. Wa Allahu A’lam.
tapi emang perintah haji juga termasuk dalam Rukun Islam yang ke lima. seperti dalam surat Ali Imran (3): 96-97 ( baru tadi dengerin Tausiyah ramadhan jadi tau, hehehe )


sebenernya gak cuma 2 tempat ini aja sih yang pengen di kunjungin, masih banyak banget malah. tapi dari pada saya jadi gila karena gak kesampean. ya cukup 2 aja yang di jadiin mimpi. hehehe

have a good day, readers !!

No comments:

Post a Comment